DOSBox (Emulator Buat DOS)
Dalam file tersebut kita bisa set apakah mau full-screen atau tidak, ukuran dan jenis memori, speed CPU, setting soundcard dan videocard sampai dengan joystick dan network connectivity (serial atau IPX). Setelah selesai kita ubah konfigurasinya maka tinggal kita jalankan programnya. Hal pertama yang kita harus lakukan adalah mounting direktori. Maksud dari mounting ini adalah memetakan folder dalam PC kita agar dapat diakses oleh DOSBox. Misalnya game kita di-unzip ke folder C:\Temp maka kita dapat memetakan folder tersebut sebagai drive C dengan command "mount c c:\temp". Setelah itu kita dapat pindah ke drive C dengan command "c:" dilanjutkan dengan "dir/w" untuk melihat isinya. Kemudian kita bisa mulai meng-install game seperti halnya meng-install di DOS.
Contoh kode program sederhana
cara membuat perhitungan pembelanjaan keyboard dengan codding dosbox
uses crt;
var jumlah,harga,diskon,total,Diskon1,Diskon2,TDiskon1,TDiskon2 : real;
var jumlah,harga,diskon,total,Diskon1,Diskon2,TDiskon1,TDiskon2 : real;
begin
clrscr;
writeln ('======================');
writeln (' Diskon Keyboard ');
writeln ('======================');
writeln;
clrscr;
writeln ('======================');
writeln (' Diskon Keyboard ');
writeln ('======================');
writeln;
writeln ('Jumlah Keyboard : '); readln (jumlah);
writeln ('Masukan Harga Keyboard perbuah :Rp. '); readln (harga);
total :=jumlah*harga;
writeln ('Masukan Harga Keyboard perbuah :Rp. '); readln (harga);
total :=jumlah*harga;
Diskon1 :=Total*5/100;
Diskon2 :=Total*10/100;
TDiskon1 := Total-Diskon1;
TDiskon2 := Total-Diskon2;
Diskon2 :=Total*10/100;
TDiskon1 := Total-Diskon1;
TDiskon2 := Total-Diskon2;
IF jumlah <=15 then
write ('Diskon : 0')
else
IF jumlah >15 then
write ('Harga Pembayaran :Rp',TDiskon1 :4:0)
else
IF jumlah >40 then
write ('Harga Pembayaran :Rp',Tdiskon2 :4:0);
readln ;
write ('Diskon : 0')
else
IF jumlah >15 then
write ('Harga Pembayaran :Rp',TDiskon1 :4:0)
else
IF jumlah >40 then
write ('Harga Pembayaran :Rp',Tdiskon2 :4:0);
readln ;
writeln ('Terima kasih');
writeln ('by_Anggi Mayangsari');
readln ;
end.
writeln ('by_Anggi Mayangsari');
readln ;
end.
cara membuat calculator dengan codding dosbox
cara membuat calculator dengan codding dosbox
PROGRAM kalkulator;
USES CRT;
LABEL MENU;
VAR
PILIHAN :CHAR;
A,B,C:REAL;
USES CRT;
LABEL MENU;
VAR
PILIHAN :CHAR;
A,B,C:REAL;
BEGIN
MENU :
CLRSCR;
WRITELN ('===============================');
WRITELN ('PROGRAM PENGHITUNG KALKULATOR');
WRITELN ('DIBUAT OLEH: ANGGI MAYANGSARI');
WRITELN ('================================');
WRITELN;
WRITELN ('PILIH MENU BERIKUT DENGAN MENEKAN TOMBOL 1-5');
WRITELN ('[1] PENJUMLAHAN ');
WRITELN ('[2] PENGURANGAN ');
WRITELN ('[3] PERKALIAN ');
WRITELN ('[4] PEMBAGIAN ');
WRITELN ('[5] KELUAR DARI PROGRAM KALKULATOR ');
WRITELN;
WRITE ('MASUKKAN PILIHAN ANDA:'); READLN(PILIHAN);
MENU :
CLRSCR;
WRITELN ('===============================');
WRITELN ('PROGRAM PENGHITUNG KALKULATOR');
WRITELN ('DIBUAT OLEH: ANGGI MAYANGSARI');
WRITELN ('================================');
WRITELN;
WRITELN ('PILIH MENU BERIKUT DENGAN MENEKAN TOMBOL 1-5');
WRITELN ('[1] PENJUMLAHAN ');
WRITELN ('[2] PENGURANGAN ');
WRITELN ('[3] PERKALIAN ');
WRITELN ('[4] PEMBAGIAN ');
WRITELN ('[5] KELUAR DARI PROGRAM KALKULATOR ');
WRITELN;
WRITE ('MASUKKAN PILIHAN ANDA:'); READLN(PILIHAN);
CASE PILIHAN OF
'1' : BEGIN
WRITE ('MASUKKAN ANGKA PERTAMA:');
READ (A);
WRITE ('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A+B;
WRITELN (A:0:2,'+',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
'2' : BEGIN
WRITE ('MASUKKAN ANGKA PERTAMA:');
READLN (A);
WRITE('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A-B;
WRITELN (A:0:2,'-',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
'1' : BEGIN
WRITE ('MASUKKAN ANGKA PERTAMA:');
READ (A);
WRITE ('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A+B;
WRITELN (A:0:2,'+',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
'2' : BEGIN
WRITE ('MASUKKAN ANGKA PERTAMA:');
READLN (A);
WRITE('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A-B;
WRITELN (A:0:2,'-',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
'3' : BEGIN
WRITE ('MASUKKAN ANGKA PERTAMA:');
READ (A);
WRITE ('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A*B;
WRITELN (A:0:2,'x',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
'4' :BEGIN
WRITE('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READ(A);
WRITE('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A/B;
WRITELN (A:0:2,'/',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
WRITE ('MASUKKAN ANGKA PERTAMA:');
READ (A);
WRITE ('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A*B;
WRITELN (A:0:2,'x',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
'4' :BEGIN
WRITE('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READ(A);
WRITE('MASUKKAN ANGKA KEDUA:');
READLN (B);
C:=A/B;
WRITELN (A:0:2,'/',B:0:2,'=',C:0:2);
END;
'5' :BEGIN HALT (0);
END;
END;
END;
WRITELN;
WRITELN ('TEKAN SEMBARANGAN TOMBOL UNTUK KE MENU');
READLN;
GOTO MENU;
WRITELN ('TEKAN SEMBARANGAN TOMBOL UNTUK KE MENU');
READLN;
GOTO MENU;
READLN;
END.
END.
kok ga jadi ya
BalasHapus